Di dalam bulan ramadhan terdapat satu malam yang istimewa bagi umat muslim di seantero dunia, yakni malam lailatul qodr. Pada malam tersebut, allah swt menurunkan al-Qur’an kepada nabi muhammad saw melalui malaikat jibril. Sehingga menjadikan malam tersebut  menjadi malam yang agung, umat muslim bersungguh-sungguh dalam beribadah berharap agar bisa mendapatkan malam lailatul qodr. Malam lailatul qodr adalah malam yang lebih baik dari pada seribu bulan, dimana pahala akan di lipat gandakan oleh allah swt , allah swt merahasiakan malam lailatul qodr sebagaiman allah merahasiakan sa’atul ijabah dalam hari jum’at, agar umat islam berusaha mencari malam lailatul qodr dengan menghidupkan seluruh malam-malam ramadhan.

Allah swt berfirman dalam surat al-Qodr:

انَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ

سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْر

Sesungguhnya telah kami turunkan al qur’an pada malam qodr (malam mulia). Tahukah engkau, apakah malam qodr itu? Malam lailatul qodr itu lebih baik dari seribu bulan. Turun malaikat dan ruh jibril pada mlam itu dengan izin tuhan mereka untuk mengatur tiap-tiap urusan. Selamatlah malam itu hingga terbit fajar.

Lailatul qodr dari segi bahasa terdiri atas dua kata, yaitu ‘lail’ artinya malam, sedangkan ‘al- qodr’ memiliki makna yang beragam. Sebagian ulama berpendapat, disebut malam lailatul qodr sebab pada malam tersebut Allah mentakdirkan ajal, rezeki, dan apa-apa yang terjadi selama satu tahun dari ketetapan Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam surat Ad-Dukhon ayat 4 :

فِيْهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيْمٍ

“Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah”.

Ibnu Abas RA berkata, bahwa Allah SWT menurunkan Al-Qur’an secara keseluruhan dari lahul mahfud ke baitul izzah dari langit dunia pada malam lailatul qodr, kemudian oleh Malaikat Jibril as, secara bersekala dan berperingkat selama 23 tahun kepada nabi Muhammad SAW.

Kalimat al-Qodr sendiri memiliki tiga arti, yaitu:

  1. Penetapan atau pengaturan

Sebagai mana firman Allah SWT  : “Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah”. Dapat dipahami bahwa lailatul qodr sebagai malam penetapan Allah SWT terhadap takdir umat manusia.

  1. Kemuliaan

Malam tersebut adalah malam mulia sebab pada malam itu terpilih sebagai Nuzulul Qur’an (turunnya Al-Qur’an) serta menjadi titik tolak dari segala kemuliaan yang dapat diraih.

  1. Sempit

Malam tersebut dikatakan sempit karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi, hal ini menandakan kebesaran dan pentingnya malam tersebut, sebab turunnya malaikat dan ruh (jibril) tidak terjadi kecuali untuk perkara yang besar. Sebagaimana yang ditegaskan Allah dalam AL-Qur’an : “(Pada malam itu) turun malaikat-malaikat dan ruh jibril dengan izin tuhan mereka untuk mengatur tiap-tiap urusan”.

Allah SWT mensifati malam tersebut dengan malam keselamatan. Hal ini menunjukan keberkahan, kemuliaan, dan kebaikan dimalam lailatul qodr. Inilah keutamaan-keutamaan besar pada malam lailatul qodr. Amalan dimalam tersebut sama dengan pahala amal seribu bulan yang tidak ada lailatul qodr nya. Seribu bulan sama dengan 83 tahun lebih 4 bulan. Oleh karena itu, Nabi SAW berusaha mencari malam lailatul qodr. Nabi SAW bersabda : “Barang siapa sholat dimalam lailatul qodr karena iman dan mengharapkan pahala maka dia akan diampuni dosanya yang telah lampau ataupun yang akan datang”.

Dari pemaparan diatas dapat di katakan malam lailatul qodr adalah malam yang mulia malam yang lebih baik dari seribu bulan. Hikmah Allah SWT menyembunyikan lailatul qodr dibulan ramadhan supaya umat islam bersungguh-sungguh mencarinya dengan menghidupkan malam tersebut dengan sholat, dzikir, tadarus al- qur’an, dan amalan lainnya. Merupakan nikmat dari Allah swt bagi seorang yang beruntung mendapat lailatul qodr. Umat muslim berburu untuk memndapatkan malam penuh berkah itu dan dilipat gandakan pahalanya. Semoga kita senantiasa diberi taufik dan diberikan kesempatan untuk mendapatkan lailatul qodr. Aamiin……

Oleh: SA’A

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *