PROFIL

Ma’had Aly Balekambang merupakan lembaga perguruan tinggi strata 1 yang bercorak pesantren dibawah naungan Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara. Pendirian Ma’had Aly ini disahkan oleh Surat Keputusan Kementerian Agama pada tahun 2017.

Ma’had Aly Balekambang hanya menfokuskan pada satu bidang keilmuan yaitu Hadits wa Ullumuhu. Pemilihan prodi ini dikarenakan sejarah para pendiri Ponpes Balekambang lebih cenderung pada keilmuan hadits dan ilmu hadits. Selain itu, pemilihan prodi ini merupakan ikhtiar pengasuh Ponpes Balekambang, KH M. Ma’mun Abdullah Hadziq, untuk lebih mendalami dan mengkaji hadits dan ilmu hadits sebagai sarana dakwah dan memahami hadits nabi secara tekstual maupun kontekstual.

Sistem yang digunakan oleh Ma’had Aly berbeda dengan perguruan tinggi agama Islam lainnya. Ma’had Aly Balekambang lebih mengedepankan pendalaman ilmu agama (ta’ammuq fid din) dengan menggunakan kitab-kitab klasik karangan salafaus sholih, bukan hanya cuplikan-cuplikan dari berbagai kitab hadits Begitu juga mahasantri dituntut untuk menguasai ilmu Mustholah Hadits dan beberapa cabang ilmu lain yang digunakan untuk meneliti hadits dari segi matan maupun sanad.

Di penghujung zaman ini terdapat problematika yang cukup serius, yaitu munculnya oknum-oknum yang berkoar-koar atas nama agama Islam dengan menggunakan hadits secara serampangan dan tekstual sehingga senang membid’ahkan dan mengkafirkan sesama muslim. Hal ini memjadi tantangan bagi Mahasantri Balekambang sebagai kader-kader ulama¬† untuk mampu meng-counter paham-paham oknum yang selalu memposisikan dirinya paling benar dalam memahami hadits nabi. Mahasanteri juga diharapkan dapat mengembangkan nilai-nilai khasanah keislaman dan mampu memecahkan masalah-masalah keagamaan sesuai dengan perkembangan zaman.

VISI

Terwujudnya ahli Hadits dan Ilmu Hadits ala Ahli Sunnah wal Jamaah serta Berakhlaqul Karimah

MISI

  1. Menanamkan akidah ahli sunnah wal jamaah
  2. Mempesiapkan dan mengkader calon ulama yang berwawasan ke-Indonesia-an
  3. Mengkaji dan meneliti ilmu-ilmu keislaman
  4. Mengembangkan budaya akademik yang jujur dan akuntabel
  5. Pengabdian kepada masyarakat